Saturday, December 10, 2011

PEMILIHAN LOKASI TANAH.

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan lokasi tanah untuk proyek adalah Lokasi Tanah, Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga tanah diantaranya :

1. Status Lokasi.

Pemilihan lokasi yang telah berstatus Pekarangan,kebun,sawah atau tanah kosong, karena kalau masih berstatus sawah maka akan ada pekerjaan pengeringan yang memakan waktu dan biaya tambahan

2. Posisi Lokasi.

Hindari posisi lokasi lahan di Pertigaan atau istilah jawa Tusuk Sate ataupun di ujung jalan buntu. Secara teknis lahan di tusuk sate akan terganggu keyamanannya ketika ada lampu kendaraan,hembusan angin akan lebih mengarah kerumah,mengurangi kenyamanan dan keamanan. Sedangkan lahan di jalan buntu, akan sering menggangu kenyamanan penghuni karena banyak kendaraan yang terjebak/tersesat disana.
Akan tetapi keuntungannya anda akan mempunyai tempat parker dijalan gratis yg tidak terganggu lalu lintas..:D

3. Contour Tanah.

Pilihlah lokasi dengan contour tanah datar atau landai. Hindari pemilihan lokasi dengan contour curam/terjal. Karena anda akan membutuhkan biaya besar untuk melakukan pengerukan dan penimbunan (cut and fill),
Keuntungan pemilik kondisi kontur tanah miring adalah permainan lantai atau split level kondisi tanah ini akan menambah kemegahan fa├žade suatu bangunan.

4. Kelengkapan Surat.

Surat-surat kelengkapan perlu Anda cermati sebelum serah terima/pembayaran. Ada baiknya anda melakukan cross-check ke pihak RT/RW dan kelurahan terhadap status tanah/lahan tersebut dan badan yang berwenang misal BPN.

5. Akses Jalan.

Pemilihan lokasi dengan jalan masuk minimal 4 meter, atau ada baiknya lebih sehingga cukup 2 mobil berpapasan. Akan lebih baik apabila, ruas jalan lokasi tersebut, merupakan jalan kabupaten/propinsi (sudah dihotmix/aspal) sehingga lokasi ini dimungkinkan akan mudah berkembang.

6. Bahu Jalan.

Pemilihan lahan dengan lebar menghadap bahu jalan propinsi /kotamadya/kabupaten yang minimal 8 meter. Karena untuk mengantisipasi apabila desain rumah Anda nantinya memiliki garasi mobil. lebar suatu mobil dibuat standart adalah 3 meter, untuk buka-tutup pintu, sehingga setidaknya Anda masih memiliki sisa 5 meter untuk desain facade selain garasi.selain itu akan memudahkan anda melakukan maneuver keluar dan masuk rumah.


7. Prospek.

Lain permasalahannya bila anda membeli tanah/lahan dengan tujuan sebagai invetasi maka perlu diperkirakan bagaimana prospek ke depan di daerah tersebut. Anda bisa datang ke bagian tata kota untuk melihat Master Plan pengembangan di daerah tersebut, apakah akan dibangun pusat perbelanjaan, kampus atau fasilitas umum lainnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap keuntungan kenaikan harga tanah Anda.

5 comments: