Monday, December 3, 2012

Cara Mudah Menghitung Tonage Besi Beton

cara menghitung besi beton
Cara menghitung besi beton
Terkadang ada saat merancang Rumah Tinggal/Proyek kita dihadapkan pada masalah yang mengharuskan menghitung secara kasar tonage atau berat besi beton.

Dengan mengetahui rumus dasar perhitungan besi maka kita akan lebih cepat mengetahui berat suatu post/item pekerjaan besi tersebut.


Sebetulnya ini rumus yang setidaknya "wajib" bagi Kontraktor, pelaksana bahkan mandor yang mempunyai kemampuan dan kemauan, tetapi sayangnya sekarang ini banyak sekali mandor atau bahkan subcontractor yang asal ngglundung..wkwkwkw..


Gak usah protes Bosss...!!! akui saja kadang kitapun malah "disuruh" mandor untuk menghitung/opname pekerjaan besi..wkwkw.


seperti kejadian tadi malam, nglembur ngrencanain plus ngitung konstruksi atap baja, eh..tabelnya menghilang entah kenapa? yang jelas lupa naruhnya dimana? :D

Okey gak usah babibu lagi...ini die rumusnya.

>> Berat besi per m’ (lari) = [ Ø Besi : 12,74] ^2 --> Contoh soal yang mudah Berat besi Ø 10 mm/m’ = [ 10 : 12,74 ] ^ 2

>> = [ 0,7849 ^ 2 ] ===> 0,616 kg/m’
>> = [ 0.616 Kg/m' x Panjang Opname/kebutuhan ( coret m' dikeduanya tinggal Kg)
>> = BERAT SUBTOTALNYA..

Pengalaman saya jika mengolah data perhitungan besi beton seperti itu saya memakai aplikasi Office Excel di Hp, selain lebih mudah juga dapat dibuat daftar dengan besi diameter lain.


Yang kedua jika meghitung Plat besi ataupun besi profil lain.
>> = Massa Jenis besi 7,859 g/cm³
>> = Volume X Massa Jenis Besi
>> = Misalken Platyzer # 8mm x 1.00 m x 1.00 m
>> = 0.8 cm X 100 cm X 100 cm = 8.000 Cm kubik


            8.000 cm3 X 7.859 g/cm
>> = ----------------------------------------- = ( dikonversi dulu bosss..)
                  1. 000
 

>> = 62,872 Kg

Coba dicheck boss kalau sudah dirumah / kantor , kalau lebih , ente rugi kalau kurang ente untung dong..wkwkw

OK..Happy Calculate...

5 comments: