Wednesday, October 26, 2011

Bagaimana cara memilih kata kunci (keyword) tertarget untuk nama blog dengan Google Keyword Tool


Assalaamu 'Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Adakalanya kita membuat nama blog /label blog secara langsung berdasarkan kesukaan belaka..termasuk saya ..hehehe. pertanyaannya apa salah demikian??

hmm …. antara salah dan betul dalam persoalan ini bukan pilihan pembenaran masing-masing..tergantung dari kita untuk apa kita buat blog,
 
Untuk membuat posting artikel barupun mungkin seadanya baru kemudian  menambah tag/label tanpa mempertimbangkan untuk memilih kata kunci atau memilih keyword tepat yang akan dipasang di blog.

Dahulu diblog saya yang lama seperti itulah adanya, tetapi sekarang saya mulai membuat blog ini dengan sedikit-demi sedikit mengubah kebiasaan tersebut. Dari awal pembuatan blog ini saya mencoba memilih keyword tertarget untuk membuat suatu artikel atau memilih kata kunci yang tepat.

Dalam hal ini ada pertanyaan yang muncul : sebetulnya
Google telah menyediakan google keyword tools, apakah kegunaanya? apa kaitannya blog kita dengan search engine optimization (seo)?

Google keyword tools sebenarnya dibuat google untuk membantu advertiser untuk melihat keyword tertarget (keyword yang telah dikenali google), kata/frasa ini ditentukan oleh google berdasarkan seringnya pengguna internet mengetikkan kata kata atau frasa itu. Di google keyword tools tersebut juga akan terlihat keyword yang pengunjungnya sering mengklik iklan sehingga dengan melihat hasil dari google keyword tool maka advertiser tidak salah memilih keyword yang tepat atau membidik keyword yang populer untuk beriklan.

Blogger sesungguhnya akan memanfaatkan kata kunci dari Google keyword tools itu.
Kemudian kita kumpulkan dan menentukan keyword yang tepat atau populer di google search itu 

Kumpulan dari keyword keyword itu dimasukan ke dalam setiap artikel postingan kita, dengan harapan keyword tersebut akan dengan mudah dikenali robot google. Sehingga artikel blog kita akan cepat tampil di halaman awal google.

Hal kemudian adalah
Kotak judul/title, kotak teks /text box editor,dan kotak label di blogger.
Apakah hanya kotak tempat menulis dan untuk memperindah tampilan editor blog saja?, atau untuk menghindari kesalahan pembuat artikel, lupa mengisi judul, dan label ?,atau hanya sekedar embel-embel saja atau ada maksud lain,....???

Dari pengalaman sebelumnya jika kita memilih Title /judul dengan keyword terpasang, kemudian diikuti menempatkan beberapa keyword (kata kunci) di dalam postingan dan dengan memilih beberapa keyword ditempatkan di tag / label, maka akan terasa ada perbedaan yaitu blog lebih friendly untuk mesin google yaitu lebih cepat tampil dihalaman awal dengan syarat persaingan
di kata kunci itu tidak sangat ketat.. ^__^.

3 Hal yang berkaitan dengan cara memilih dan membidik keyword (kata kunci) di blog,diantaranya:

1. Judul Blog
2. Keyword di artikel (postingannya masih dalam bentuk draft, belum di publish)
3. Keyword di label.


Riset kata rumah :


1 comments: